Pemasaran katalog adalah salah satu strategi yang lebih umum digunakan dalam mempromosikan penjualan barang dan jasa, dan biasanya digolongkan sebagai metode penjualan langsung. Pendekatan ini melibatkan penyusunan daftar item yang ditawarkan untuk dijual, biasanya dengan deskripsi masing-masing produk, harga, dan data lain yang relevan. Sementara pemasaran katalog tradisional dikaitkan dengan pencetakan katalog yang didistribusikan melalui pos, pendekatan yang sama ini juga dapat digunakan sebagai bagian dari konsep pemasaran di dalam toko serta upaya merchandise dilakukan secara online.
Dengan bentuk yang paling umum dari katalog pemasaran, penjual mempersiapkan dan mendistribusikan salinan cetak katalog kepada konsumen. Pendekatan terhadap pemasaran ini bukanlah hal yang baru, dengan banyak pengecer menggunakan katalog dikirim melalui pos kepada pelanggan sejak abad ke-19. Selama tahun-tahun pertengahan abad ke-20, tidak jarang untuk katalog ini akan disebut sebagai "buku keinginan," karena penerima sering memanfaatkan detail dalam katalog untuk mengidentifikasi barang yang mereka ingin beli.
Sejalan dengan pengiriman katalog melalui pos, katalog pemasaran juga dapat digunakan sebagai pendekatan untuk meningkatkan penjualan di dalam toko. Banyak department store termasuk departemen katalog memajang kataloh mereka, hal ini memungkinkan pelanggan untuk mencari dan memesan dari katalog di toko. Syarat pembayaran biasanya diatur pada waktu itu. Beberapa toko mencari tempat strategis gratis untuk meletakan katalog seperti didekat pintu masuk sehingga pembelanja dapat dengan mudah mengambil satu ketika memasuki atau meninggalkan toko, strategi ini efektif untuk meningkatkan penjualan tambahan dari waktu ke waktu.
Hampir setiap jenis pengecer telah menggunakan katalog pemasaran selama bertahun-tahun. Toko-toko khusus serta rantai department store besar telah menggunakan pendekatan ini untuk terhubung dengan dan menghasilkan penjualan dari konsumen. Sebagian besar katalog akan mencakup informasi pemesanan yang mencantumkan berbagai metode bahwa konsumen dapat menempatkan pesanan, mulai dari menelepon urutan ke penyedia memasuki urutan di sebuah situs online. Pilihan pengiriman juga akan bervariasi, mulai dari pengiriman langsung ke rumah konsumen atau alamat lain yang disediakan, untuk pengiriman barang ke cabang lokal dari pengecer dan memberitahukan pelanggan saat order siap pickup.
Sementara pemasaran katalog biasanya dianggap sebagai strategi yang membutuhkan distribusi bahan cetak, banyak pengecer juga sering menggunakan katalog online. Katalog elektronik ini memungkinkan untuk pencarian cepat berdasarkan nama item, kisaran harga, dan faktor-faktor lain yang relevan. Banyak juga memungkinkan konsumen untuk memilih item untuk penempatan di keranjang belanja virtual, kemudian menggunakan metode online untuk membayar barang-barang dan mengatur untuk pengiriman. Salah satu manfaat dari pemasaran katalog online adalah bahwa pembeli dapat benar-benar melakukan pembelian dengan cepat, keuntungan yang berbeda atas metode yang lebih tradisional.
Salam Marlowez Blog
0 komentar:
Posting Komentar